Pengembangan Gim Komputer Edukatif untuk Meningkatkan Pengetahuan Terkait Perkebunan Kelapa Sawit
Kata Kunci:
Gim edukatif, Kelapa sawit, Pengembagan gim.Abstrak
Karya ilmiah ini berisi pemaparan peroses pengembangan sebuah proyek gim edukasi dua-dimensi (2D) bernama “Panen dan Antar TBS”. Gim ini dirancang untuk mengedukasi pemain terkait pengetahuan proses pemanenan buah sawit dan pengetahuan industri perkebunan kelapa sawit secara umum. Proyek pengembangan gim ini mengabungkan pengetahuan dengan topik perkebunan kelapa sawit dengan teknologi rekaya perangkat lunak (TRPL), tujuannya adalah membuat pembelajaran yang menarik melalu media gim komputer sehingga dapat meningkatkan keterarikan dan pemahaman pengguna akan pengetahuan yang ingin disampaikan. Proyek ini berangkat dari pertanyaan bagaimana membuat sebuah gim yang menarik tetapi tetap memiliki unsur edukatif khususnya terkait perkebunan kelapa sawit. Methodologi yang digunakan dalam pengembangan gim dimulai dari analisis kebutuhan, perancangan dan implementasi. Hasil dari proyek ini adalah sebuah produk gim edukatif 2D yang memuat pengetahuan umum terkait kelapa sawit.