Analisis SWOT untuk Menentukan Strategi Distribusi Produk pada UMKM Agen Ayam Pedaging
Kata Kunci:
Strategi distribusi, Distribusi ayam pedaging, Analisis SWOT.Abstrak
Penelitian ini membahas tentang penentuan strategi distribusi produk ayam pedaging pada sebuah unit UMKM yang berada di Provinsi Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi apakah metode distribusi produk yang digunakan selama ini sudah optimal atau belum. Penelitian dilakukan pada sebuah unit UMKM Agen Ayam Pedaging yang berlokasi di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Variabel yang digunakan adalah berat kirim, berat reject, kerugian reject, biaya kirim dan jarak tempuh. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data jumlah pemasok, jumlah pelanggan, jarak dari pemasok ke pelanggan, jumlah produk yang didistribusikan, biaya pengiriman, harga beli dan harga jual produk, serta jumlah produk reject. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan penelusuran dokumen. Metode pengolahan data yang digunakan adalah Analisis SWOT. Metode pembahasan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi distribusi yang diterapkan selama ini belum optimal, sehingga dirumuskan strategi baru melalui Analisis SWOT. Terdapat lima strategi yang diperoleh, yaitu mencari pemasok terdekat ke daerah distribusi, memindahkan gudang transit ke daerah yang lebih dekat dengan daerah distribusi, membuat kandang ayam sebagai tempat penampungan sementara sebelum didistribusikan, menentukan rute distribusi yang lebih efisien, dan memberikan pelatihan kepada karyawan tentang cata menyeleksi kualitas ayam.