Klasifikasi Peserta Didik Menggunakan Algoritma C4.5
Kata Kunci:
Klasifikasi peserta didik, Algoritma C4.5, Pendidikan, Orange, Decision Tree, VBA.Abstrak
Pendidikan merupakan hal penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dalam proses pendidikan, hal yang menjadi perhatian adalah pemetaan atau klasifikasi peserta didik. Peserta didik adalah makhluk individu dengan kepribadian yang memiliki sifat unik yang cocok untuk pertumbuhan dan perkembangan (Anggraeni, et all., 2022.). Data yang diperoleh dari operator TK Sarinah Bogor merupakan data yang valid dan mencakup jumlah peserta didik yang terdaftar dalam kelas A dan kelas B selama 11 tahun ajaran (2012/2013 hingga 2022/2023). Algoritma C4.5 dengan implementasi menggunakan Orange dapat menghasilkan model klasifikasi yang cukup baik dengan decision tree yang terdiri dari 15 nodes dan 8 leaves. Model ini memberikan tingkat Accuracy (keakuratan) sebesar 72.5% serta Area Under Curve (AUC) sebesar 0.737, serta nilai lain seperti F1 Score, Precision, Recall, dan Matthews Correlation Coefficient (MCC) menunjukkan kinerja model yang memadai.