Peramalan Permintaan dengan Pendekatan Marketing Mix pada Produk Sari Apel PT Batu Bhumi Suryatama Menggunakan Artificial Neural Network
Kata Kunci:
Peramalan permintaan, Marketing mix, Jaringan syaraf tiruan.Abstrak
Peramalan permintaan akan memberikan solusi dalam merencanakan jumlah produk yang akan dipasarkan. Peramalan merupakan sumber informasi yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mempersiapkan diri dalam menentukan strategi ke depan. Peramalan permintaan dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan marketing mix menggunakan jaringan syaraf tiruan backpropagation dan metode analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Tingkat keakurasian peramalan dengan pendekatan marketing mix menggunakan jaringan syaraf tiruan backpropagation sebesar 97,324%. Hasil peramalan menunjukkan perubahan variabel bauran pemasaran berbanding lurus dengan perubahan volume permintaan sari apel. Secara keseluruhan peningkatan biaya distribusi dan biaya promosi menyebabkan peningkatan pada jumlah permintaan konsumen. Penurunan biaya distribusi dan biaya promosi juga mengakibatkan terjadinya penurunan pada jumlah permintaan konsumen.