Analisis High Oil Temperature pada Auxiliary Power Unit Pesawat Terbang
Kata Kunci:
High oil temperature, APU (Auxiliary Power Unit), Airbus A320.Abstrak
Auxiliary Power Unit (APU) pada pesawat Airbus akan membuat pesawat tersebut tetap nyaman baik di udara maupun di darat, sehingga customer merasa senang. High oil temperature pada Auxiliary Power Unit (APU) merupakan kerugian dan akan membahayakan apabila tidak dilakukan perbaikan dengan segera. Faktor penyebabnya adalah: 1) penyumbatan pada air intake duct ataupun inlate duck; 2) penyumbatan pada oil cooler ducting, ECB electronic control box (59KD), oil temperatur sensor (8092KM), oil cooler (8079KM), cooling fan assembly (8053KM) dan generator APU (8XS); dan 3) penurunan kualitas oli. Metode preventive maintenance yang dapat dilakukan agar tidak terjadi high oil temperature pada Auxiliary Power Unit (APU), seperti: 1) selalu menjaga kuantitas dan kualitas dari oli APU tersebut, yaitu dengan cara selalu melakukan pengecekan oli secara tepat waktu dan sesuai dengan jadwal pengecekannya; 2) mengganti filter oli APU sesuai jadwal; dan 3) selalu menjaga kebersihan duct/saluran udara pendingin APU dari kontaminasi debu atau yang lainnya, sehingga sistem pendinginan oli APU bisa mempertahankan temperatur oli APU selalu di bawah 162,780C (3250F).